Toreng Toreng Torenggggg.....

Welcome to my lovely blog everybodyyyy.
Visit me through twitter: @deviflorenci facebook: fmailto:florencidevi@gmail.com line: deviflorenci email: deviflorenci@yahoo.com Thankyou for visit my blog :)

Sabtu, 09 November 2013

MAKALAH SENI RUPA "KARYA DUA DIMENSI"


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR……………………………………………………………………………………………..………………………3

PENDAHULUAN…………………………………………………………………………………………………………….…………..4

LATAR BELAKANG………………………………………………………………………………………………………..…………….4

MAKSUD DAN TUJUAN………………………………………………………………………………………………………………5

MANFAAT………………………………………………………………………………………………………………………………….5

IDE DAN GAGASAN…………………………………………………………………………………………………………………….5

TEMA DAN JUDUL……………………………………………………………………………………………………………………..6

PROSES PEMBUATAN…………………………………………………………………………………………………….………….6

LAMPIRAN………………………………………………………………………………………………………………………………..7

RINCIAN HARGA…………………………………………………………………………………………………………………………9

KESIMPULAN……………………………………………………………………………………………………………………………10

PENUTUP………………………………………………………………………………………………………………………..……….11


KATA PENGANTAR

Puji syukur kamipanjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya lah kami dapat menyelesaikan makalah ini sebatas pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki. Dan juga kami berterima kasih pada Ibu Nurlela selaku guru seni rupa yang telah memberikan tugas ini kepada kami.
            Kami sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan, pengetahuan serta apresiasi kita tentang karya seni rupa dua dimensi. Saya juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam tugas ini terdapat kekurangan-kekurangan dan jauh dari apa yang kami harapkan. Untuk itu,kami berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa sarana yang membangun.
            Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya laporan yang telah disusun ini dapat berguna bagi kami sendiri maupun orang yang membacanya. Sebelumnya kamimohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan kami memohon kritik dan saran yang membangun demi perbaikan di masa depan.

 

Bandung, 25 September 2013






Kelompok 2


        I.            PEMBUKAAN

PENDAHULUAN

Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika.

Unsur-unsur rupa tersebut bukans ekedar kumpulan atau akumulasi bagian-bagian yang tidak bermakna akan tetapi dibuat sesuai dengan prinip tertentu. Makna bentuk karya seni rupa tidak ditentukan oleh banyak atau sedikitnya unsure-unsur yang membentuknya, tetapi dari sifat dan struktur itu sendiri. Dengan kata lain kualitas keseluruhan sebuah karya snei lebih penting dari jumlah bagian-bagiannya.

Karya seni rupa dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu karya seni rupa dua dimensi dan karya seni rupa tiga dimensi. Karya seni rupa dua dimensi adalah karya seni rupa yang hanya memiliki dimensi panjang dan lebar atau karya yang hanya dapat dilihat dari satu arah. Contohnya: seni lukis, seni grafis, seni ilustrasi, relief dan sebagianya.

Melukis adalah kegiatan mengolah medium dua dimensi atau permukaan objek tiga dimensi untuk mendapat kesan tertentu. Medium lukisan bisa berbentuk apa saja, seperti kanvas, kertas, papan, dan bahkan film di dalam fotografi bisa dianggap sebagai media lukisan.alat yang digunakan juga bisa bermacam-macam, dengan syarat bisa memberikan imaji tertentu kepada media tertentu kepada media yang digunakan.

LATAR BELAKANG

Dapatkah kita bayangkan apabila dunia ini tanpa seni? Tanpa lukisan, ukiran, music, tari? Seni telah hadir sejak awal peradaban manusia. Pengajaran seni rupa dewasa ini sudah menjadi bagian dari program pendidikan umum di sekolah. Dasar landasan dan sasaran pengajaran melalui kegiatan seni rupa di sekolah adalah membantu siswa untuk dapat mengungkapkan gagasan, sikap, perasaan, nilai dan imajinasi yang melibatkan pertumbuhan pribadinya.

Pernahkan kita menyadari bahwa banyak barang yang sudah tidak terpakai lagi di lingkungan sekitar kita? Sebenarnya, barang tersebut bisa kita manfaatkan lebih baik dan bisa menjadi barang yang bernilai estetika yaitu seni.

Sesuatu yang pada penciptaannya memerlukan koordinasi antara mata, tangan dan pemikiran ini disebut seni. Dimensi adalah gambar atau lukisan. Karya dua dimensi adalah karya yang hanya dapat dilihat dari 2 sudut pandang saja.

 

MAKSUD DAN TUJUAN

Sebagasi unsur budaya, seni hadir atau diciptakan untuk memenuhi kebutuhan manusia baik lahir maupun batin. Sebuah unsur budaya akan tetap terpelihara keberadaanya jika unsure budaya tersebut masih berfungsi dalam kehidupan sosial. Dalam kehidupan sehari-hari kita dapat merasakan betapa kita sangat memnutuhkan sarana berekspresi dalam menikmati keindahan bentuk.

Tujuan spesifik kami dalam membuat karya seni ini adakah:

·         Mempelajari seni lukis

·         Menuangkan ide dan emosional dari pikiran kami tentang seni

·         Memanfaatkan barang yang tidak terpakai menjadi barang dua dimensi yang bernilai estetika

·         Membuat seni rupa dapat selalu berkembang / tidak mudah terlupakan oleh kalangan remaja

·         Memenuhi nilai pelajaran seni rupa.

MANFAAT

Banyak manfaat yang didapat dari kegiatan ini. Selain mengurangi sampah, kita juga dapat membuat lingkungan sekitar menjadi indah dengan karya kita sendiri.

Hasil karya seni dua dimensi ini tentunya dapat dimanfaatkan untuk memperindah tampilan awal dari interior bangunan seperti tembok ruangan karna memiliki nilai estetika.

IDE DAN GAGASAN

Berawal dari hobi kami melihat-lihat seni pop art dan kebetulan melihat banyaknya kaset radio yang sudah tidak berfungsi di rumah Fauziah Jasmine, kami terinspirasi untuk mengubahnya menjadi hal yang lebih bernilai. Maka kami membuat lukisan perempuan dengan radionya yang terbuat dari kaset.


      II.            ISI

TEMA DAN JUDUL

Tema: Pop Art

Pop art berasal dari kata Popular art. Pop art adalah aliran seni yang memanfaatkan simbol-simbol dan gaya.

Ciri khas Pop Art adalah penggabungan serta permainan warna yang berani, kadang disertai penggunaan simbol-simbol untuk menyampaikan pesan si pembuatnya.

Judul: Oh Radio Girl Play That Sweet Heavenly Song

 

PROSES PEMBUATAN

1. Siapkan alat dan bahan.

2. Cat triplek dengan warna putih dan keringkan.

3. Setelah kering, semprot dasar triplek yang telah dicat dasar putih dengan menggunakan cat acrylic yang dikeringkan. Biarkan cat menetes ke bawah

4. Gambar sketsa lukisan perempuan.

5. Lalu prosen pewarnaan dengan cat acrylic

6. Diamkan hingga kering

7. Untuk radio: lapisi tempat kaset dengan kertas hitam untuk bagian speaker

8. Tempel kaset dengan lem, lalu susun hingga berbentuk radio.

9. Cat dasar lukisan dengan warna menarik


RINCIAN HARGA

Cat Aqrilic 12 warna =                                    Rp 36.000

Cat kayu avian =                                             Rp.15.000

Lem kayu = 2000 x 2 =                                    Rp.  4.000

Total pengeluaran:                             Rp. 55.000

NB: Triplek, kuas, palet, dan kaset-kaset, kami tidak membelinya, melainkan berasal dari barang-barang yang tidak terpakai di rumah kami J


        I.            PENUTUP

KESIMPULAN

Karya seni adalah cerminan dari pada pengamatan dan perasaan senimannya. Karena seni merupakan ekspresi seniman, maka hasilnya mestilahtidak saja dinikmati dirinya, oleh karena itu seni harus pula dinikmati oleh orang lain.

Berusalah bersungguh-sungguh dalam mengerjakan semua hal.

Membuat karya seni tidak selalu memerlukan modal yang besar, dari barang bekas pun kita dapat membuat karya yang indah.


PENUTUP

Demikian yang dapat kami paparkan mengenai karya seni rupa dua dimensi, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya.

Saya banyak berharap para pembaca yang budiman dusi memberikan kritik dan saran yang membangun kepada saya demi sempurnanya makalah ini dan penulisan makalah di kesempatan-kesempatan berikutnya. Semoga makalah ini berguna bagi kami pada khususnya juga para pembaca.

1 komentar: