Toreng Toreng Torenggggg.....

Welcome to my lovely blog everybodyyyy.
Visit me through twitter: @deviflorenci facebook: fmailto:florencidevi@gmail.com line: deviflorenci email: deviflorenci@yahoo.com Thankyou for visit my blog :)

Kamis, 03 November 2011

Resensi Novel 'Fairish'

Judul : Fairish
Penulis : Esti Kinasih
Penerbit : PT.Gramedia Pustaka Utama
Tebal : 312 halaman
Ukuran Buku : 13,5*20 cm
Jenis kertas : HVS buram
Kota terbit : Jakarta
Nomor ISSBN : 979-22-0940-9
Tahun terbit : Agustus 2004
Kabarnya novel ini juga menjadi best seller menyaingi Dealova. Tetapi sekarang saya tahu mengapa novel ini menjadi best seller. Mari kita lihat sekilas ulasan novel ini.
Fairish adalah cewek biasa, mungil, dan tidak ngetop di sekolah. Dan ada murid baru bernama Davi, yang tampan sekali dan segera menjadi rebutan cewek-cewek centil di sekolah. Untuk menghindari itu, Davi meminta pertolongan Irish yang yang tidak heboh sama sekali, untuk pura-puura menjadi pacar nya. Irish pun dimusuhi teman-teman cewek nya yang merasa iri. Tetapi semua berubah saat Alfa, anak baru di SMA Palagan datang dan mengganggu hubungan Davi dengan Irish. Irish mulai simpatik pada Alfa. Tapi di situlah Davi tidak ingin kehilangan Irish. Karena Irish dan Davi tahu, niat Alfa yang sebenarnya adalah untuk membalas dendam kepada Davi atas meninggal nya Meilani, sepupu Alfa sekaligus mantan pacar nya Davi, Irish pun menjatuhkan pilihan kepada Davi yang mulai berbalik untuk menyayangi nya.
Dapat dilihat, Esti menceritakan novel tersebut dengan gaya bercerita yang enak sekali, pas dan tidak bertele-tele. Tentang gaya penulisan yang sudah matang, itu wajar sekali. Esti adalah pengarang yang sudah berpengalaman dan sudah termasuk ‘angkatan tua’. Jadi gaya penceritaannya sudah lebih bisa mengambil jarak dengan apa yang terjadi di dunia remaja. Dalam novel ini, Esti mengungkapkan tokoh-tokoh nya dengan sudut pandang orang ketiga. Pengarang menggambarkan karakter tokoh utama yakni Fairish melalui dialog antar tokoh.
Dibandingkan dengan novel Dealova yang menjadi best seller pada tahun nya, novel Fairish dapat mengimbangi nya. Itu karena cara menulisnya Esti yang keren sih, bisa mempengaruhi pembaca dan memutar balikan emosi pembaca. Menurutku itu bagus. Klimaks nya juga gereget sekali. Banyak kata-kata yang keren dan kita seolah terseret dalam novel nya. Tidak heran bila novel ini menjadi best seller.
Di dalam novel ini, ada kelebihan nya, ada hal yang suka, bahasa nya ringan sekali untuk dipahami oleh para pembaca. Dan bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari. Meskipun begitu, bahasa yang digunakan masih santun. Penggunaan diksi di dalam novel ini menarik dan tak menjenuhkan. Dn juga penulisan kata-kata yang kocak dan lucu.
Tetapi, di balik kesukaan atau kelebihan novel ini, ada hal yang membuat saya kurang suka atau yang menjadi titik kelemahan nya, yaitu Esti terkesan membesar-besarkan masalah.
Novel ini ditujukan bagi para remaja. Karena novel ini menceritakan kehidupan gadis remaja yang bisa menyeimbangkan kehidupan sekolah dengan kehidupan cinta. Begitulah Esti memberikan karya dia kepada pembaca.
Esti Kinasih adalah wanita kelahiran Jakarta, tanggal 9 September, sulung dari tiga bersaudara Mantan karyawan sebuah bank ini tidak sengaja menemukan jalan sebagai penulis. Berawal dari hobinya sebagai pecinta alam, Esti sering menyendiri untuk mencari-cari ide dan inspirasi menulis. Oh ya, wanita yang memiliki prinsip hidup easy going ini punya cita-cita mendaki puncak gunung Himalaya.


Makasih ya udah baca blog ku ini, semoga bermanfaat dan enak untuk dibaca. Makasih..

1 komentar:

  1. novel ini bener-bener bikin ketawa saat bagian yang cowok2 jadi cheers..








    Numpang promo ya jangan lupa juga buat berkunjung ke blog saya:
    obat kista tradisional.
    obat pelangsing herbal
    terimakasih sebelumnya

    BalasHapus